4 Manfaat Teknologi CRM Pada Bisnis Travel

Peluang bisnis di tahun 2017, terutama pada bidang usaha bisnis travel,  banyak mengalami perubahan besar yang sangat signifikan. Selain persaingan usaha antar penyedia jasa perjalanan yang semakin sengit, kemunculan teknologi CRM yang menggunakan sistem digital yang diaplikasikan secara online juga kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan pada sebuah platform bisnis modern.

Seiring dengan populernya bisnis yang dijalankan secara online, kini banyak pelaku bidang usaha tersebut ramai – ramai beralih ke platform digital tersebut yang dinilai banyak menjanjikan kemudahan. Salah satunya adalah bisnis travel online yang kini menjadi bidang usaha populer yang banyak digeluti.

Selain bisnis travel yang dijalankan secara online, perkembangan fitur CRM yang banyak dipopulerkan oleh layanan bisnis berbasis digital juga mendapatkan perhatian seiring dengan semakin banyaknya penggunaan CRM untuk meningkatkan serta efisiensi dalam hal pemasaran melalui sistem tersebut. Adapun manfaat dari teknologi CRM bagi bisnis travel adalah :

 

1. Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Dengan aplikasi CRM memungkinkan bagi perusahaan untuk memakai semua informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber dengan pelanggan seperti melalui call center, web, layanan di lapangan, dan staf pemasaran. Penerimaan informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut

2. Efisiensi biaya pemasaran

CRM yang dituangkan dalam sebuah skema program pemasaran yang terfokus serta spesifik memungkinkan perusahaan memakai biaya yang lebih murah dalam pelayanan serta penjualan yang tertuju ke pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat juga.

3.  Kegiatan dan biaya operasional semakin efisien

Semakin berkurang beban arus kas dan resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan berkat otomasi proses layanan dan penjualan. Contohnya pemakaian teknologi call center serta web dapat mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang bisa saja muncul.

4.  Time to market meningkat

Berkat aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar.

5. Pendapatan meningkat

Informasi yang didapat dari aplikasi CRM dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan. Misalnya perusahaan dapat melakukan penjualan secara global melalui website tanpa perlu melakukan upaya khusus untuk mendukung kegiatan pelayanan serta penjualan tersebut.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *