Antisipasi Calo, Tiket Kereta Api Refund Tidak Dijual Kembali

Antisipasi adanya calo, tiket kereta api yang dibatalkan oleh penumpang tidak akan dijual kembali. PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan terobosan dan inovasi untuk dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah menekan adanya praktek penjualan tiket kereta api melalui calo.

Sistem refund atau pengembalian tiket kereta api akan dilakukan perubahan dari tahun sebelumnya. PT KAI akan melayani pembatalan tiket kereta api dan mengembalikan hak penumpang sekitar 30 hari mendatang.

Menurut Kepala Humas Daop 1 KAI, Agus Komarudin, untuk kereta api eksekutif dan ekonomi komersial, tiket yang batal itu bisa dijual lagi, sedangkan untuk tiket kereta api subsidi seperti Matarmaja, Gaya Baru itu tidak akan dijual lagi. PT KAI lebih memilih membiarkan kursi kereta api ekonomi subsidi kosong jika itu dibatalkan penumpang daripada diisi namun melibatkan calo yang dapat dijual dengan harga yang sangat mahal.

Pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan atas permintaan penumpang dengan dikenakan bea administrasi 25 persen dari harga tiket diluar bea pesan. Sementara pengembalian bea pembatalan dapat dilakukan melalui transfer atau tunai dengan mengisi formulir dan melampirkan fotokopi identitas.

Permohonan pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Bea tiket dapat diambil dalam jangka waktu 30 sampai 60 hari setelah menerima print out pembatalan.

Selain kebijakan diatas, PT KAI juga menyediakan layanan Cetak Tiket Mandiri. Jadi kalau beli tiket online, akan mendapatkan kode booking yang sama dengan PT KAI. Cara ini bisa menghindari calo. Untuk pembelian dan pemesanan tiket kereta api online silahkan melalui website www.TiketKAI.com / versi mobilte di m.tiketkai.com atau melalui loket-loket FASTPAY dan mitra-mitra FASTRAVEL di kota Anda.

TIKETKAI.com adalah channel penjualan tiket kereta api secara online milik PT Bimasakti Multi Sinergi kerjasama dengan PT Kereta Api. Silahkan beli tiketnya di www.TIKETKAI.com atau versi mobile di m.tiketkai.com, dapatkan diskon dan bonusnya.

 
Yuksz Sebarkan :