7 Strategi Meningkatkan Penjualan Tiket Kapal Pelni Secara Online

Permintaan akan ketersediaan tiket kapal pelni yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, menjadi peluang yang sangat bagus untuk perkembangan bisnis moda transportasi laut di masa yang akan datang.

Selain itu, faktor persaingan usaha di bidang transportasi lain seperti maskapai penerbangan dengan strategi penawaran dan promosi harga murah , menjadi cambuk bagi perusahaan penyedia tiket kapal pelni ini untuk berbenah dan melakukan terobosan baru.

Salah satunya adalah dengan menerapkan proses reservasi tiket kapal pelni yang lebih mudah dan hemat melalui sistem online yang terintegrasi secara langsung. Sistem berbasis digital ini dinilai mampu memberikan penghematan dan efisiensi pada saat melakukan pemesanan.

Sistem yang terlebih dahulu diterapkan oleh moda transportasi udara ini, menjadi salah satu strategi yang sangat vital bagi penyedia tiket kapal pelni agar mampu bersaing dengan menggunakan teknologi yang semakin berkembang.

Selain menerapkan sistem reservasi tiket kapal pelni secara online, ada terobosan strategi lainya yang mampu meningkatkan penjualan tiket secara cepat dan mudah. Dengan melakukan kombinasi pemasaran secara online dan offline, dinilai mampu memberikan perubahan pada bisnis yang ada.

1. Beriklan di sosial media yang populer

Bukan rahasia umum jika beriklan melalui media elektronik seperti televisi membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. Selain itu, konten dan naskah iklan yang akan diiklankna, masih harus melalui serangkaian proses panjang yang tentunya juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai alternatif, kegitan promosi iklan ini bisa diganti dengan menggunakan platform media sosial yang populer, seperti Facebook dan Instagram. Selain harga iklan yang terjangkau, fitur – fitur yang disediakan untuk keperluan analisa pemasaran juga tergolong lengkap.

2. Menggunakan Google Adwords sebagai sarana beriklan yang efektif

Alternatif berikutnya adalah menggunakan Google Adwords untuk beriklan. Selain ampuh untuk kampanye pemasaran yang sangat efektif dan masif, paltform ini tergolong populer karena masyarakat kini banyak melakukan reservasi online melalui smartphone.

Google Adwords memberikan pilihan harga iklan yang sangat terjangkau dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Selain harga yang terjangkau, konten promosi milik Google ini dapat menjangkau banyak pengunjung internet dengan kata kunci tertentu yang telah di iklankan.

3. Memberikan promosi dan penawaran melalui email

Email adalah sarana kampanye marketing dan promosi masif lainnya yang bisa digunakan. Selain cepat dan hemat, proses pembuatannya pun sangat mudah. Selaku pengiklan, kita tinggal memikirkan bagaimana membuat konten email yang menarik konsumen.

Teknik yang dikenal di kalangan digital marketing ini disebut sebagai email blast, yaitu sebuah teknik yang mengirimkan konten promosi secara masif, baik kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Konten yang dikirim biasanya berupa penawaran dan promosi terkait produk yang ada.

4. Promosi melalui pesan singkat ( SMS Blast )

Teknik ini kurang lebh sama dengan teknik email blast diatas. Yang membedakan adalah pada platform yang digunakan untuk mengirimkan konten promosi maupun penawaran melalui pesan singkat atau SMS ( Short Message Service ).

Sistem SMS blast ini bisa digunakan secara otomatis dengan menggunakan platform SMS sender yang berbayar. Sama seperti email blast, kita hanya perlu menyiapkan konten terkait produk yang ditawarkan dengan bahasa iklan yang sederhana maksimal 150 karakter.

5. Promosi dengan membuat konten video yang menarik

Video bisa menjadi sarana yang sangat ampuh, terutama untuk kegiatan pemasaran. Biasanya, video yang dikenal sebagai teknik video marketing ini, berisikan tentang deskripsi produk, penawaran khusus, maupun sajian tampilan slide grafis yang menarik.

Pembuatan konten video yang menarik, menjadi kunci utama dari teknik ini. Selain melakukan promosi, dengan adanya penambahan media pendukung seperti suara latar musik yang sesuai dengan konsep video, narasi maupun cara penggunaan, bia menjadi nilai lebih dari teknik video marketing tersebut.

6. Melakukan teknik promosi dengan pemberian diskon dan bonus

Pelanggan adalah raja. Kata – kata semacam ini sangat melekat erat pada benak seorang penjual, bahwa pelanggan maupun calon pelanggan mereka diibaratkan sebagi seorang raja yang harus dilayani dengan baik.

Sebagai seorang agen penyedia  tiket kapal pelni, agar produk utama kita bisa laris dan banyak terjual, menggelar sebuah kampanye marketing berupa pemberian diskon maupun bonus menjadi prioritas utama dalam kegiatan pemasaran.

Baik promosi secara online maupun offline, kedua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Cara terbaiknya adalah, melakukan sinergi dengan formula yang tepat pada kedua platform tersebut.

Hal semacam ini sangat efektif untuk menutup kekurangan yang ada dari kedua platform tersebut, khususnya dalam kegiatan pemasaran. Dari sinilah nantinya akan terlihat, media apa yang cocok dan lebih disukai oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

7. Mengadakan acara sosialisasi maupun roadshow kepada pelanggan

Setelah menggunakan sistem online dalam rangka memperkuat sistem pemasaran pada produk yang ada, langkah selanjutnya adalah dengan cara mengadakan acara sosialisasi kepada pelanggan maupun calon pelanggan seperti roadshow maupun press release.

Tatap muka secara langsung kepada pelanggan merupakan hal sangat penting. Selain bisa menjelaskan tujuan promosi produk secara langsung kepada konsumen, kegiatan semacam ini bisa menjadi jembatan untuk membangun komunitas pelanggan yang lebih solid terhadap brand yang ada.

Masuk dengan kata kunci:

  • harga tiket kapal pelni kelas ekonomi
  • beli tiket pelni online
  • kata kata pelni
Yuksz Sebarkan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *