5 Usaha Modal Kecil yang Bisa Dimulai Dari Barang – barang Bekas

Ada banyak cara dan ide untuk memulai usaha modal kecil yang sangat menguntungkan. Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan barang – barang bekas yang ada di sekitar kita.  Selain mudah didapatkan, tentunya barang barang bekas tersebut harganya sangat terjangkau.

Hanya dengan modal yang kecil, ditambah dengan sedikit kreatifitas dalam berkreasi, menjalankan bisnis dengan menggunakan barang bekas tidak mustahil bisa langsung di jalankan.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat barang bekas apa saja yang bisa dimanfaatkan dengan kreasi dan kreatifitas unutk dijaldikan bahan yang bernilai ekonomis

1. Usaha modal kecil Botol Plastik Bekas

Botol plastik sangat mudah didapatkan dan dijumpai dimana saja. Banyaknya minuman kemasan yang menggunakan kemasan plastik menjadi keunutngan tersendiri jika menekuni bisnis kreatif dengan bahan baku botol plastik ini.

Ada banyak ragam dan bentuk yang bisa dihasilkan dari bahan bau botol bekkas ini. Tempat pensil dan alat tulis, pot tanaman luar ruangan maupun untuk pot hias di dalam ruangan, kipas plastik hingga bentuk – bentuk menarik lainnya.

Selain itu, botol – botol plastik bekas tersebut juga bisa diolah dengan mesin khusus agar menjadi di daur ulang menjadi sebuah bijih plastik. Biji plastik ini bisa dijual kembali dengan harga tinggi kepada industri yang membutuhkan, terutama pabrik – pabrik yang menghasilkan produk berbahan baku utama plastik..

2. Kaleng Bekas

Kaleng bekas jika diolah dengan benar dan diberi sentuhan kreatifitas, bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang sangat menguntungkan. Ada banyak topik dan informasi mengenai kerajinan berbasis kaleng dapat dengan mudah di jumpai di internet.

Bentuknya yang bisa diolah dengan berbagai macam dan bentuk, output produk yang dikeluarkan pun bisa mempunyai nilai ekonomis yang lumayan. Mengingat juga diperlukan keahlian dan kreatifitas khusus dalam pengolahannya, memulai bisnis ini  bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menguntungkan

Kerajinan miniatur kendaraan bermotor seperti vespa, hiasan ruangan hingga menjadi barang yang serbaguna merupakan salah satu contoh dari produk – produk yang dihasilkan dari limbah kaleng bekas ini.

Melihat tingkat kerumitan yang tinggi dan tidak semua orang bisa tentu harga produk kerajinan dari kaleng bekas ini cukup mahal, apalagi jika produk tersebut unik dan bisa menjadi hiasan yang indah.

3. Kertas dan Koran Bekas

Peluang usaha modal kecil juga bisa dimulai dari bahan – bahan disekitar kita seperti kertas dan koran bekas. Bahan – bahan bekas kategori ini bisa didapat dan dijumpai dengan mudah di setiap tempat.

Cara pengolahannya pun cukup mudah. Kertas dan koran bekas tersebut bisa dihancurkan menjadi bubur kertas untuk dipakai dengan berbagai keperluan. kerajinan topeng dan gips juga bisa dioakai dengan menggunakan bahan dari kertas dan koran bekas ini.

Selain itu, hasil olahannya juga bisa dijual kembali pada indsutri yang bergerak di bidang pemrosesan daur ulang kertas, dimana hasil – hasil dari pelburan kertas tersebut diolah dan diproses kembali menjadi kertas baru yang siap dijual.

4. Kain Bekas

Mengolah perca kain bekas meruapakan slah satu peluang usaha modal kecil yang menguntungkan. Bahan baku yang melimpah dan mudah didapat, menjadikan bisnis kerajinan dengan bahan baku kain perca bekas ini banyak diminati.

Sebutlah keset bekas, lap tangan, kain taplak, selimut, cover bantal hingga kerajinan batik tas, juga banyak yang menggunakan bahan baku dari perca kain bekas ini. Cara mendapatkannya pun tergolong mudah. Ada banyak usaha konvesi yang menghasilkan limbah kain perca bekas yang bisa dimanfaatkan.

5. Ban Bekas

Ban bekas banyak dijumpai sebagai bahan baku utama yang digunakan sebagai kerajinan furniture yang unik dan artistik. Selain dapat diolah menjadi benda yang memiliki kualitas dan nilai ekonnomis, ban bekas juga bisa di daur ulang kembali mrnjadi bahan baku ban baru.

Sudah barang tentu, peluang usaha modal kecil ini bisa dilakkukan dengan memanfaatkan ban bekas sebagai media utamanya. Mudah didpat dan harganya yang terjangkau, menjadikan ban bekas layak untuk menjadi sebuah bisnis kreatif yang potensial

6. Kayu Bekas

Kerajinan berbahan dasar kayu  merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang menjadi bisnis terbanyak yang dijalankan oleh kebanyakan orang. Selain bahannya yang solid dan mudah diolah menjadi banyak hal, Kayu bekas juga bisa didaur ulang menjadi serbuk yang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Kayu bekas yang bisa diolah menjadi miniatur, kerajinan tangan, hiasan dalam maupun luar ruangan hingga alat dan perkakkas rumah tangga, menjadi bahan baku pilihan utama ketika menggeluti bisnis barang daur ulang ini.

7. Limbah Kardus Bekas

Kardus bekas juga sangat bermanfaat jika mampu diolah dengan tepat. Memanfaatkan kardus bekas bisa dengan cara diolah kembali menjadi barang – barang yang berguna dan bernilai seperti hiasan pigura hingga cover pada buku notes.

Selain itu, kardus – kardus bekas tersebut juga mempunyai nilai jual yang tinggi, terutama dari jenis kardus – kardus yang mempunyai tekstur dan berat tertentu. Tidak salah jika ada banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari limbah kerdus ini.

Masuk dengan kata kunci:

  • https://blog fastravel co id/usaha-modal-kecil/
  • bisnis barang bekas
  • usaha barang bekas
  • usaha dari barang bekas
  • usaha kerajinan barang bekas
  • cara membuat usaha dari barang bekas
  • barang yang bisa digunakan untuk bisnis
  • kerajinan dari botol dengan modal sedikit
  • usaha barang bekas yang menguntungkan
  • usaha barang bekas plastik
Yuksz Sebarkan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *