Tips Sukses Memulai Bisnis Online

      Comments Off on Tips Sukses Memulai Bisnis Online

Peluang Bisnis OnlineSaat ini bisnis online memang telah menjamur dan banyak sekali yang melakukannya , mulai dari pemula hingga perusahaan sekalipun juga mempergunakan sarana online guna menunjang bisnis mereka. Pengerjaannya yang relatif lebih simpel membuat bisnis online kerap dijadikan bisnis individual bagi mereka yang punya keinginan sukses yang tinggi. Memiliki usaha sendiri adalah salah satu hal yang diharapkan oleh banyak pemburu pundi-pundi rupiah. Dengan menjalankan usaha sendiri, celotehan atasan atau berselih pendapat dengan rekan kerja saat jadi ‘karyawan’ tak akan kita temui. Ditambah lagi dengan susahnya mendapatkan lowongan pekerjaan saat ini, tak ada salahnya menjadikan bisnis online dijadikan sumber pemasukan.

Seperti pernyataan di atas bahwa bisnis online bisa dikerjakan bahkan sendirian, maka tak heran hingga kini telah banyak terlahir pelaku bisnis berbasis online ini. Kemudahan yang didapat dengan menerapkan metode bisnis ini memang menggiurkan, duduk santai minum teh di ruang tamu sambil menerima pesanan dari pelanggan yang sebelumnya bahkan tidak pernah bertemu. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan bisnis rumahan ini, tak sedikit pula pembisnis online yang belum sempat meraih suksesnya berbisnis online, mereka kalah di tengah perjuangan. Banyak hal yang membuat hal bisnis online Anda terancam gulung tikar, jumlah kompetitor yang handal adalah salah satunya. Hal lainnya yang mengancam kesuksesan bisnis online yaitu kurangnya komitmen, pengambilan keputusan yang buruk, hingga motivasi yang memudar.

Sangat baik apabila Anda mencoba menerapkan tips memulai bisnis online di bawah ini, kami tulis dengan sangat sederhana untuk memudahkan Anda menyukseskan apapun bisnis online yang sedang Anda rintis.

1/. Komitmen Yang Kuat

Hal yang paling percuma adalah ketika Anda berbicara banyak hal ingin memiliki bisnis online yang sukses tapi tidak pernah benar-benar berkomitmen untuk memulai dan memperjuangkannya. Sadarlah, hingga kini masih belum ada bisnis yang sukses tanpa diperjuangkan mati-matian oleh pemiliknya. Ketika Anda telah memutuskan untuk memulai berbisnis online maka pastikan juga Anda berkomitmen untuk memperjuangkannya.

2/. Rencana yang Matang

Supaya bisnis online Anda tetap bertahan milikilah perencanaan awal yang tersistem untuk pencapaian target bisnis. Mulai dari berapa dana minimum yang harus Anda peroleh agar bisa bertahan? Bagaimana Anda bisa memastikan Anda mencapainya? Berapa jumlah dana ideal yang ingin Anda dapatkan sehingga Anda bisa berkembang? Berapa minimum target penjualan untuk mencapainya? Memahami tingkat konversi membuat Anda bisa memilih target – seberapa besar audiens Anda agar agar mencapai tujuan Anda? Bila tingkat konversi pembelian online biasanya 1% …. Anda  bisa melakukan perhitungan matematika dan menambahkan angka yang dibutuhkan untuk mencapai target Anda.

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pelaku bisnis online terutama pemula adalah tidak memiliki perencanaan yang tersistematis. Anda sangat perlu melakukan perencanaan yang baik untuk implikasi keuangan, emosional, mental serta fisik. Pengaturan keuangan akan sangat menyukseskan target bisnis Anda ke depannya. Pelajarilah cara menghemat uang yang baik untuk perkembangan bisnis online Anda.

Simpan uang sebanyak yang Anda bisa dan lakukan penelitian Anda. Perangkat lunak apa yang dibutuhkan? Program pemasaran apa yang akan Anda gunakan? Terhubunglah dengan pengusaha lain dan mintalah saran mereka. Apa yang berhasil untuk mereka dan apa yang tidak mereka lakukan saat pertama kali memulai?

3/. Profesional

Semua rencana target akan percuma apabila tidak diiringi tindakan yang cukup. Kesalahannya, kebanyakan pengusaha online pemula tidak berani mengambil banyak tindakan karena belum yakin betul, sebagian ada yang bertindak namun tidak sesuai dengan rencana bisnis sehingga ini hanya akan menghabiskan waktu.

Lakukan tindakan konsisten yang sesuai dengan bisnis Anda. Apa tujuan akhir anda? Siapa klien ideal Anda? Dimana Anda bisa menemukannya? Apa yang bisa Anda berikan atau lakukan untuk mereka? Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari apa yang Anda lakukan?

4/. Manfaatkan Media Sosial

Gunakan media sosial dengan penuh perhatian, jangan hanya menelusuri tanpa tujuan. Pergilah ke sana, lakukan apa yang perlu Anda lakukan. Melalui media sosial ada kemungkinan Anda bisa mendapat kemajuan pada kreativitas serta wawasan bisnis Anda. Anda juga bisa mempelajari strategi lawan dan menemukan strategi yang lebih ampuh.

5/. On Target

Sebagai pemula Anda mungkin tidak tahu siapa target bisnis Anda, atau dimana mereka berada dan bagaimana bisa meraih mereka. Hal inilah yang membuat usaha Anda menyiapkan situs web, halaman facebook dan akun media sosial lainnya terasa sia-sia. Mungkin Anda kebingungan mengapa pelanggan masih belum ada yang memenuhi kotak pesan yang Anda sediakan. Saat ini sudah banyak bisnis online terlaris yang berhasil hanya karena memiliki spesialisasi yang pas.

Pastikan terlebih dahulu siapa yang ingin Anda jadikan sebagai pelanggan secara spesifik. Sesuaikan situs web Anda, halaman Facebook dan bentuk pemasaran lainnya untuk mencerminkan produk yang Anda tawarkan untuk memenuhi kebutuhan calon konsumen. Ketika tampilan layanan pemasaran yang Anda gunakan sudah sesuai, konsumen ideal Anda akan merasa cocok dan menghubungi Anda untuk melakukan pemesanan. Pilih spesialisasi Anda, teliti dan promosikan diri Anda sesuai dengan itu.

6/. Selalu Berkomunikasi dengan Pelanggan

Kebanyakan pembisnis online pemula menyembunyikan diri di belakang tirai (misalnya laptop), padahal konsumen membutuhkan kejelasan mengenai pada siapa mereka akan belanja dan mengenal profil usaha Anda. Cobalah untuk tetap terhubung dengan calon konsumen Anda. Orang yang terhubung melalui konten gambar dan video jauh lebih banyak daripada yang mereka lakukan dengan teks tertulis. Ya, menciptakan bisnis online mengharuskan Anda terlihat – keharusan.

7/. Temukan Solusi

Carilah nasihat dan dukungan profesional dengan apapun yang sedang Anda hadapi. Apabila Anda kurang yakin, mencoba melakukan semuanya sendiri, tanpa dukungan orang lain adalah pilihan yang keliru. Anda memutuskan untuk tidak meminta bantuan profesional dan malah mencoba untuk mencari tahu semuanya sendiri. Ini hanya akan menghabiskan waktu Anda sia-sia tanpa pemasukan. Anda menghabiskan berjam-jam setiap minggu untuk mengerjakan tugas tanpa uang, seperti memperbaiki masalah teknis yang mengganggu pada situs web atau milis Anda. Anda akhirnya takut, terbebani dan tersesat, dan frustrasi karena kurangnya hasil Anda. Anda menyadari ada jalan panjang di depan yang tidak Anda siapkan.

8/. Jangan Membanding-bandingkan

Media sosial bisa berbahaya bagi motivasi, terutama jika itu membuat Anda merasa situasi Anda buruk bila dibandingkan dengan saingan Anda. Melihat apa yang orang lain lakukan dan merasa terbebani oleh hasil mereka bisa mendatangkan bencana pada bisnis online baru. Perbandingan meremukkan kreativitas Anda dan memberi makan keraguan diri, kekhawatiran dan merusak fokus Anda pada target. Jangan sampai Anda merasa bahwa Anda tidak cukup baik, cukup pintar, cukup muda, cukup tua, tidak cukup produktif atau ada yang salah dengan Anda. Pada umumnya membandingkan diri dengan orang lain bisa benar-benar mengetuk kepercayaan diri Anda.

Kalau perlu carilah komunitas yang pas untuk pembisnis online pemula seperti Anda untuk mendapatkan masukan-masukan yang bermanfaat positif untuk mengangkat motivasi serta kreativitas bisnis Anda. Dengan begitu fokus Anda untuk memperjuangkan target bisnis Anda tetap terjaga. Yang perlu Anda ingat yaitu, di luar sana banyak pesaing dan masih lebih banyak lagi calon konsumen ideal untuk Anda.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuksz Sebarkan :